Sunday 9 November 2014

Perguruan WingChun Harmony Indonesia (Update March 2019)

Perguruan WingChun Harmony Indonesia berdiri sejak tahun 2010, didirikan oleh Shifu James Hutabarat. Dimana biografi lengkap Beliau bisa langsung dilihat di website kami, WingChun Harmony Indonesia. Beliau mempelajari wingchun langsung dibawah bimbingan GM Kang Sin Sin sejak tahun 2004. Dan sejak berdirinya WingChun Harmony Indonesia, banyak sudah rekan-rekan kami yang bergabung, mungkin sydah ratusan orang yang mendaftar dan berlatih. 

Walaupun pada perjalanannya, rekan-rekan kami ini banyak yang tumbang karena terbentur masalah pekerjaan dan kesibukan pribadi, tetapi Shifu James sudah menghasilkan beberapa murid-murid berbakat, diantaranya Donpio, Ferry Yunianto, Wisnu, Adi, Restu, Ridho, Prasetyo, dan masih banyak lagi yang belum saya sebutkan. Bahkan Sibak Ferry Yunianto telah diangkat sebagai murid dalam GM Samuel Kwok (murid GGM Ip Chun, putra dari GGM Ip Man).

Saya sendiri sebagai penulis blog ini, bernama Glen Wong. Marga "Wong" bukan marga saya yang sebenarnya, tapi sudah saya pakai sejak jaman SLTP. Marga "Wong" diambil dari tokoh kungfu favorit saya waktu itu, yaitu Wong Fei Hung. Dan sampai saat ini, dia masih tokoh penting dalam kemajuan kungfu yang saya latih.

Bersama Shifu Ridho Alm. dalam Demo Martial Arts EliteClub Epicentrum, May 2011
Saya sendiri terhitung sebagai murid generasi ketiga yang bergabung dengan WingChun Harmony Indonesia sejak tahun October 2010. Bersama dengan saudara seperguruan seperti  Tashixiong Salman Mandala, Alex, Restu, Herry Bong, Andre Boncu, Novery. Andreas, Hartono, Riyanto, Rasyeed, dan masih banyak yang tidak saya sebutkan, berlatih dibawah bimbingan Alm. Shifu Ridho Hidayata. Tapi sayang, saya tidak lama belajar dari Shifu Ridho, dikarenakan Beliau wafat pada tanggal 03 October 2011 karena menderita sakit keras.
Glen Wong bersama Sigung James, 2014

Sejak October 2011 sampai dengan saat ini, saya masih terus menekuni wingchun langsung dibawah asuhan Shifu James. Dimana berdasarkan tingkatan, saya memanggil Beliau dengan sebutan Sigung James (Kakek Guru). 

Baik Shifu Ridho dan Sigung James sudah banyak memberikan ilmu-ilmu yang berharga mengenai wingchun dan juga filosofinya dalam perkembangan keilmuan saya dan juga dalam kehidupan. Oleh karena itu, wingchun yang saat ini saya pahami merupakan kombinasi dari Beliau berdua, ditambah dari pemahaman dan pengalaman dalam berlatih dan berbagi pengetahuan akan konsep wingchun kepada orang lain maupun yang saya temukan saat berlatih di rumah.

Sigung James dan rekan2 dari Perguruan Wingchun Harmony Indonesia Cab.Rawamangun
Sdra Tommy, Sdri Trisha (kiri ke kanan) dan saya sendiri (paling kanan), November 2018
Oleh karena itu, buat teman-teman yang membaca blog singkat saya dan mungkin ingin mempelajari wingchun juga, saya coba berbagi informasi lokasi perguruan WingChun Harmony Indonesia kami yang tersebat di Jakarta dan sekitarnya. Jika rekan-rekan hendak bergabung bisa langsung datang ke masing-masing lokasi yang sekiranya berdekatan dengan tempat rekan-rekan berada.


WINGCHUN HARMONY INDONESIA PUSAT
GOR BULUNGAN depan Blok M Plaza (Samping SMA Negeri 70)
 Pelatihan Kelas Umum, setiap hari Senin malam, jam 19.00 - 21.00 WIB
Contect Person di 0819-3209-6986 (Sdra. Valerian)

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

WU JI WingChun (WingChun Harmony Indonesia Afiliasi Samuel Kwok)
Menara Latumenten, Grogol
  Pelatihan Kelas Umum, setiap Selasa malam, jam 19.00 - 21.00 WIB
Contact Person di 0856 7981 974 (Shifu Ferry)

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------


WINGCHUN HARMONY INDONESIA Cab. JAKARTA TIMUR
Kompleks Rawamangun Square, Ruangan Kaca Lantai 2
Jl. Pengambiran, Rawamangun, Jakarta Timur
Pelatihan Kelas Umum, setiap Selasa malam, jam 19.00 - 21.00 WIB
Pelatihan Kelas Private, Max. untuk 4 orang (hanya untuk karyawan dan diatasnya)setiap Kamis malam, jam 19.00 - 21.00 WIB
Contact Person di 0838 7229 3235 (Glen Wong)

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


WINGCHUN HARMONY INDONESIA Cab. SUKABUMI
Gedung Sekretariat INTI-Sukabumi
Jl Syamsudin SH No.31 (seberang Mesjid Al-Latief), Kota Sukabumi
Pelatihan Kelas Umum, setiap Minggu pagi, jam 08.00 - 10.00 WIB
Contact Person di 0838 7229 3235 (Sdra. Glen Wong)

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

WINGCHUN HARMONY INDONESIA Cab. BUKITTINGGI
Ruko Desi Salon, Lantai 2
Jl. Jenjang Gudang No.4, Pasar Atas, BukitTinggi, Sumatera Barat
Pelatihan kelas umum setiap Selasa, pukul 19.00 - 21.00
Pelatihan kelas private setiap Jumat, pukul 19.00 - 21.00
Contact Person di 0813 7427 2161 (Sdra Mandala)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Selain itu, saya pribadi menerima permohonan untuk pelatihan wingchun Homeprivate, dimana saya merekomendasikan untuk 2 atau 4 orang peserta. Juga pelatihan wingchun Instansi / Regu, dimana jumlahnya bisa disesuaikan dengan permohonan.
Area yang memungkinkan untuk saya saat ini adalah area Rawamangun, area Sunter dan area Pluit, waktu pelatihan disesuaikan dengan permohonan calon peserta. 
Silahkan bisa menghubungi saya kapan saja di nomor yang sudah saya cantumkan diatas.

Demikian pengenalan saya di perguruan Wingchun Harmony Indonesia, semoga blog ini memberikan manfaat untuk teman-teman. Sampai ketemu di perguruan kami.

Salam,
WingChun Harmony Indonesia on Facebook

Update November. 2018
Mohon maaf jika ada kesalahan pengetikan nama, lokasi ataupun tahun, saya siap memperbaikinya. Terima kasih.

10 comments:

  1. untuk mengikuti latihan di rawamangun gimana yaa pendaftarannya mas?
    kebetulan domisili di kampung melayu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pendaftarannya langsung datang ke tempat utk isi form dan melengkapi administrasi awal...
      Detail silahkan lgsg hub sya di 0838-7229-3235

      Delete
  2. Sifu tolong buka cabang di samarinda(kaltim) dong saya sangat ingin belajar wingchun di perguruan ini, mau private tapi biayanya pasti mahal .. #terimaKasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat ini kami belum punya tenaga pelatih untuk di daerah Kaltim.

      Delete
  3. Replies
    1. Maaf. Semarang pun masih belum ada untuk cabang kami...

      Delete
  4. Boleh tahu mengenai biayanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pendaftaran dan iuran bulanan anggota untuk setiap cabang perguruan kami berbeda, oleh karena itu silahkan kontak langsung masing2 pelatihnya sesuai dengan lokasi yg ingin anda tanyakan.
      Terima kasih

      Delete